Direktur

Puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa  karna dalam usianya yang begitu muda, Perusahaan Daerah Petak Malai Buluh Merindu (BUMD) Kabupaten Murung Raya berusaha memberikan berbagai informasi tentang prospek bisnis yang akan dikelola oleh Perusahaan Daerah bersama Investor Mitra.

Dengan karakterisitik alam dan kondisi topografi daerah, dengan luas wilayah ± 23.700 Km² Murung Raya merupakan daerah pegunungan dan perbukitan, dengan kesuburan dan kekayaan alamnya yang melimpah luar biasa, diantaranya emas, batubara, intan, bijih besi, batu kapur.dan lain-lain.

Indikasi cadangan batu bara di Kabupaten Murung Raya adalah sebesar 982.530.000 ton, tipe lignit dengan potensi cadangan batubara sebesar 60,6 juta ton, tipe termal dengan potensi cadangan batubara sebesar 22,2 juta ton, dan tipe premium atau semi-coking dengan potensi cadangan batubara 866,3 juta ton.

Indikasi cadangan emas dengan type endapan primer mempunyai cadangan 3.800.000 ton, intan dengan type endapan Alluvial mempunyai cadangan sebesar 1.700.000 ton dan batu kapur mempunyai cadangan sebesar 500.000 ton.

Berdasarkan Tata Ruang wilayah, Kabupaten Murung Raya mempunyai luas hutan sebesar 2.235.937 ha. Terdiri dari hutan produksi luas 226.115 ha (9,54%), hutan lindung luas 541.415 ha (22.85%), hutan suaka/wisata(cagar alam) luas 200.055 ha (8,44%), hutan cadangan/hutan produksi yg dapat dikonversikan 386.290 ha (16,39%) dan hutan produksi terbatas luas 1.016.125 ha (42,87%).

Dengan luas wilayah dan kesuburan tanahnya, Kabupaten Murung Raya merupakan tempat mengembangkan usaha pada bidang agrobisnis dalam skala besar, seperti karet, kelapa sawit, kelapa, kopi, lada dan kakao serta komoditas pertanian seperti padi, jagung, ubi kayu, ubi jalar, kacang kedelai, kacang tanah dan lain-lain. Bahkan demplot pengembangan hortikultura, seperti : kubis, wortel, kentang, sawi, semangka dan melon, hasilnya sangat menjanjikan untuk dikembangkan dalam skala usaha lebih besar.

Kabupaten Murung Raya memiliki potensi pariwisata yang sangat besar untuk dikembangkan menjadi Ekowisata. Potensi wisata itu dapat mengandalkan kekayaan alam yang dimiliki, diantaranya berupa:

  • Arung Jeram (Riam Hatas, Riam Ongkong Bodang)
  • Cultural Sunctuary (Betang Konut, Betang Beras Kuning)
  • Wisata Alam (Sungai, air terjun, gua Liang Pandan, gunung Bondang, gunung Danau dan Gunung Telunjuk serta sumber air panas Sopan Apui).
  • Taman Berburu
  • Taman Biodiversity & Agrowisata

Potensi sumber daya alam yang ada, membuat Murung Raya dapat dijadikan sebagai tujuan investasi jangka panjang dan jangka menengah pada bidang/sektor-sektor pertanian, perternakan, perikanan, perkebunan, kehutanan, pertambangan, perdagangan dan industri, air minum dan air bersih, pembangkit listrik, jasa investasi dan konsultan, perhotelan dan wisata serta transportasi dan telekomunikasi.

Dalam upaya mewujudkan visi dan misinya, PD. Petak Malai Buluh Merindu dengan dukungan sumber daya alam, Investor Mitra dan dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Murung Raya saat ini sedang mempersiapkan usaha di segala bidang sehingga mampu mengelola sumber daya alam, untuk  kesejahteraan masyarakat yang berwawasan lingkungan.

Akhir kata, terima kasih atas kunjungannya ke stand pameran Perusda Mura, kami berharap masukan dan kritik tentang produk dan layanan kami agar kami dapat memperbaikinya dimasa yang akan datang.

Puruk Cahu, Agustus 2009

E. VICTORI WANDRAY, SE